top of page
Writer's pictureProses Manufaktur

Apa Itu Kikir?

Updated: Sep 23, 2022

[1] Kikir merupakan alat yang berfungsi untuk meratakan produk yang telah dibuat agar didapatkan bentuk halus dan memiliki kerataan yang baik secara visual. Jenis pekerjaan ini dilakukan secara manual. Kikir juga dapat digunakan pada pekerjaan penyayatan logam yang memerlukan pengikisan sedikit, sedangkan untuk pengikisan yang lebih banyak dan tebal tentu diperlukan mesin gerinda tangan terlebih dahulu.

Kikir sendiri terbagi atas beberapa bagian, bagian kikir dapat dilihat pada gambar di bawah ini


Kikir sendiri di bagi lagi dalam beberapa jenis berdasarkan fungsi dan tipe benda kerja yang akan dikikir. Jenis-jenis kikir yang umumnya di gunakan adalah sebagai berikut.

1. Kikir Tangan Pipih

Kikir tangan model ini sangat cocok digunakan untuk merapikan produk agar rata atau dapat juga untuk membentuk bidang. Kikir pipih dapat di lihat pada gambar di bawah ini.



2. Kikir Kotak/Square

Kikir tangan jenis kotak ini paling tepat digunakan untuk merapikan posisi yang bentuknya menyiku. Kikir kotak dapat di lihat pada gambar di bawah ini.


3. Kikir Segitiga

Kikir tangan type ini sering kali digunakan untuk pembentukan posisi rata, selain itu dapat pula dipakai untuk mengasah alat gergaji kayu. Kikir segitiga dapat di lihat pada gambar di bawah ini.


4. Kikir Rata Cembung

Disebut kikir tangan rata cembung karena memiliki bentuk kedua sisi yang berbeda, yaitu di satu sisi rata, sementara disisi lainnya berbentuk cembung, sehingga kikir tangan ini memiliki multifungsi. Kikir rata cembung dapat di lihat pada gambar di bawah ini.


5. Kikir Lingkaran

Kikir ini berfungsi menghaluskan permukaan benda kerja dan menambah diameter bidang bulat. Kikir lingkaran dapat di lihat pada gambar di bawah ini.






Author: Muhammad Ikhsan


Refensi:

[1] Prijono, Kusdi, dkk. 2021. Praktikum Proses Produksi. Pamulang: Unpam Press. Hal. 3-5


17 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page