top of page
Writer's pictureProses Manufaktur

Mengenal Lebih Jauh Tentang Gerinda

Updated: Jan 10, 2023

Pernahkah kalian mendengar apa itu gerinda? Mesin Gerinda umumnya digunakan sebagai alat potong dan sebagai penghalus permukaan benda kerja pada setiap akhir proses permesinan. Dalam dunia manufaktur gerinda adalah alat yang sangat lumrah digunakan dan termasuk dalam proses kerja bangku (benchwork). Sebelum mengenal mesin gerinda alat kikis sebelumnya juga sudah digunakan oleh orang terdahulu pada zaman besi dan perunggu. Tahun 1900-san barulah mata gerinda disempurnakan dengan membuat butiran abrasive yang di buat dari pasir silikon karbida dan aluminium karbida


Di Indonesia gerinda umumnya digunakan di bengkel las sebagai alat pemotong dan penghalus permukaan pada plat besi, tak hanya itu gerinda bisa digunakan juga untuk mengasah pisau agar tajam dan menghaluskan permukaan kayu. Mesin gerinda yang umumnya digunakan adalah mesin gerinda tangan seperti gambar di bawah ini.

Gambar Mesin Gerinda Tangan

Proses gerinda adalah salah satu tipe dari abrasive machining yang digunakan untuk proses finishing. Proses ini merupakan proses pelepasan material dengan menggunakan pahat yang berupa batu gerinda berbentuk piringan (grinding wheel/disk), yang dibuat dari campuran serbuk abrasif dan bahan pengikat dengan komposisi dan struktur tertentu. Proses gerinda salah satu proses yang penting dalam proses permesinan karena digunakan untuk menghaluskan permukaan benda karena semakin halus permukaan benda kerja itu makan akan semakin meningkat keakuratan dalam sesuaian antar lubang dan meminimalisir keretakan.




Authors: Wahyu Eka Putra Saragih dan Muhammad Ikhsan



Keyword: Gerinda, Finishing

Referensi

[1] Veranika, Rita Maria, dkk. 2022. Modifikasi Alat Dudukan Pada Mesin Gerinda untuk Pemotongan Berbagai Jenis Kayu Secara Manual. Jurnal Desiminasi Teknologi. Vol. 1. No. 1.

[2] Wijayanto, Erwin, dkk. 2022. Perencanaan Dudukan Mesin Gerinda Tangan Yang Ergonomis dengan Menggunakan Metode Anthropometri. Jurnal Teknik Industri. Vol. 11. No. 1.








23 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page