top of page
  • Writer's pictureProses Manufaktur

Manufaktur Modern



Manufaktur modern adalah jantung dari produksi industri modern. Dalam beberapa dekade terakhir, sejumlah teknik inovatif telah dikembangkan yang memungkinkan praktik manufaktur dapat dilakukan dengan lebih fleksibel, hemat energi, dan lebih ramah lingkungan. Selain itu, peningkatan efisiensi dan efektifitas yang diberikan oleh proses manufaktur modern turut meningkatkan aspek profitabilitas (keuntungan) dalam dunia industri.

Berikut ini adalah aspek-aspek yang terdapat dalam sistem manufaktur modern.

1. Just in Time Manufacturing

[1] Just in Time adalah suatu sistem manufaktur yang dirancang untuk mendapatkan kualitas yang baik, menekan biaya, serta mencapai waktu dan biaya se-efisien mungkin dengan menghilangkan pemborosan yang ada.


2. Flexible Manufacturing System

[2] Sistem manufaktur fleksibel dirancang untuk mengurangi waktu setup untuk peralatan yang kompleks, meningkatkan penggunaan mesin individu melalui penjadwalan yang lebih baik, dan meningkatkan kontrol kualitas di semua tahapan proses manufaktur.


3. Lean Manufacturing

[3] Lean Manufacturing merupakan suatu pendekatan manajerial yang dapat digunakan untuk melakukan perbaikan terhadap pemborosan yang terjadi pada perusahaan yaitu dalam bentuk optimalisasi tenaga kerja terhadap efisiensi dan efiktifitas proses produksi sehingga lead time produksi dapat berkurang.


4. Life Cycle Manufacturing

[4] Manufaktur yang baik memiliki arti memperhatikan pengaruhnya terhadap lingkungan. Life Cycle Analysis adalah metode yang digunakan untuk memberi perhatian lebih dalam dunia manufaktur dalam menguji pengaruh penyediaan suatu bahan atau produk secara lengkap, mulai dari penyediaan bahan dasar, proses pengolahan, distribusi sampai dengan penjualan ke konsumen, hingga dampaknya terhadap lingkungan.





Authors : Dandi Al-Fiqri Tarigan


Referensi

[1] Janson, Jeremya dan Nurcaya. 2019. Penerapan Just in Time Untuk Efisensi Biaya Persediaan. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 8, No.3.

[2] Mashabai, Ismi dan Aji Pranata. 2021. Analisisa Sistem Manufaktur Fleksibel di PERUMDAM Batu Lanteh. Jurnal Industri dan Teknologi Samawa. Vol. 2, No.2.

[3] Setiawan, Irwan dan Arif Rahman. 2021. Penerapan Lean Manufacturing Untuk Meminimalkan Waste Dengan Menggunakan Metode VSM dan WAM pada PT XYZ. Jakarta: Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ

[4] Kosky, Phillip. 2010. Exploring Engineering an Introduction to Engineering and Design. San Diego: Elsevier


17 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page