top of page
  • Writer's pictureProses Manufaktur

Tentang Manufaktur

[1] Manufaktur berasal dari bahasa latin yaitu manus factus yang berarti dibuat dengan tangan. Jika kita melihat istilah "manufaktur" maka yang langsung terlintas adalah proses merubah bahan baku menjadi suatu produk yang berguna. Proses merubah bahan baku menjadi sebuah produk ini mengalami berbagai macam proses di antaranya perancangan produk, pemilihan material, dan tahap-tahap di mana produk tersebut dibuat.


Jika di cermati lagi, ilmu manufaktur adalah gabungan antara ilmu teknik mesin dan teknik industri yang mana berasal dari teknik mesin adalah adopsi ilmu yang terkait dengan perancangan proses pembuatan, dan mesin yang digunakan, sedangkan dari teknik industri adalah berupa pengelolaan sistem di dalam industri manufaktur itu sendiri.


Dengan demikian dapat dibayangkan betapa luasnya ilmu manufaktur, tanpa adanya ilmu manufaktur maka alat-alat yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti gelas, sendok, kursi, bahkan hingga televisi tidak akan tercipta


Bagi negara-negara industri, manufaktur adalah tulang punggung perekonomian negara tersebut, yang mana manufaktur sendiri dapat menyumbang 20%-30% nilai dari produk dan jasa yang dihasilkan di suatu negara.




[1] Supriyanto, Erlian. 2013. "Manufaktur" Dalam Dunia Industri. INDEPT. Vol. 3 No. 3

22 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page